Giat Vaksinasi Pekan Imunisasi Nasional ( PIN ) Polio Tahap -II di Posyandu wilayah Desa Campakamekar Kecamatan Padalarang KBB.

Pada Rabu 170830 sd 171000 Mei 2023 telah dilaksanakan giat vaksinasi PIN Polio Tahap-II untuk anak usia 0-59 bulan secara serentak di masing-masing Posyandu wilayah Desa Campakamekar. Pelaksanaan giat PIN Polio Tahap-II ini sebagai tindaklanjut dari Pelaksanaan giat Vaksinasi PIN Polio Tahap-I di bulan April kemarin.
Kegiatan Vaksinasi PIN Polio Tahap-II ini dilaksanakan oleh Tim Puskesmas Tagog Apu dan Mahasiswa STIKES Cimahi secara serentak dalam 1 ( Satu ) hari.
Vaksinasi PIN Polio berupa vaksin oral atau tetes sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada balita seperti badan menjadi panas atau demam.
Tujuan pemberian vaksin Polio adalah agar bayi atau anak,memperoleh kekebalan terhadap penyakit polio yang dapat menyebar melalui infeksi virus.
Dihimbau kepada masyarakat yang telah menyertakan anaknya pada PIN Imunisasi Tahap-I, untuk segera menuntaskannya di Tahap-II ini guna membangun herd immunity.
Himbauan/Upaya yang dilakukan oleh Babinsa dan Bidan Desa dalam Pelaksanaan giat Vaksinasi PIN Polio Tahap-II ini supaya tercapai sasaran dengan Maksimal, diantaranya : Berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Para Kader yang ada dilingkungan Rw/Posyandu masing-masing mengajak kepada warganya yang melaksanakan giat Vaksinasi PIN Polio Tahap-I supaya melanjutkan Vaksinasi PIN Polio Tahap-II sehingga sasaran yang Tahap-I mencapai 95 % di Tahap-II bisa lebih lagi dari Tahap-I 95 %.
Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia ( IDAI ),terdapat dua jenis vaksin polio,baik vaksin anak maupun dewasa :

1. Vaksin Polio Inaktif : Vaksin ini berasal dari Virus Polio yang dimatikan. Cara pemberiannya dengan menyuntikkan ke paha atau lengan.

2. Vaksin Polio Oral : Asalnya adalah virus Polio hidup yang dilemahkan. Ini adalah vaksin anak, diberikan lewat tetesan di mulut.

Hadir dalam monitoring Pelaksanaan giat Vaksinasi PIN Polio Tahap-II,diantaranya ;
1. Ketua TP PKK Desa Campakamekar ( Ibu Sri Sugiarti )
2. Sekdes Campakamekar ( Bp.Ateng ).
3. Bidan Desa Campakamekar ( Bidan Rina )
4. Babinsa Desa Campakamekar ( Serma Nana Herdiaman )
5. Bhabinkamtibmas ( Aiptu BS Permana )
6. Mahasiswa STIKES Boromeus Lk.10 Orang
7. Kader Posyandu Tiap Rw.
Selama Monitoring giat pelaksanaan Vaksinasi PIN Polio Tahap-II,berjalan lancar.
Babinsa Desa Campakamekar Serma Nana Herdiaman, melaporkan.

Postingan populer dari blog ini

Giat Launching Pemberian Makanan Tambahan bagi balita Stunting di aula Desa Campakamekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat

Giat Jum'at Keliling bersama Pj.Kepala Desa Campakamekar di Mesjid Al-Barokah Rw 16/Kp.Cimanggu.